franchise kopi

Bisnis Franchise Kopi Kekinian

Minum kopi kini tak hanya digemari oleh orang tua saja, anak muda pun juga banyak yang meminum kopi. Hal ini memunculkan peluang untuk berbisnis kopi, mengingat seduhan kopi sudah banyak mengalami modifikasi. Misalnya anda membuka bisnis franchise kopi kekinian yang mengandalkan nama brand bisnis waralaba yang sudah dikenal banyak orang.

Bisnis Franchise Kopi Kekinian

Di Indonesia sendiri, franchise kopi kekinian sudah menjamur di setiap daerah. Bahkan berbagai menu kopi yang disediakan sangat bervariasi. Dimana anak muda tak hanya merasakan kopi hitam saja, tetapi ada campuran dengan bahan lain seperti susu, gula aren, boba dan lain-lain. Simak beberapa tips dalam berbisnis franchise kopi kekinian berikut ini.

1.      Mencari Tahu Informasi Tentang Franchisor

Sebelum anda menjalin mitra dengan franchisor, anda perlu mengetahui informasi seputar konsep bisnisnya. Sangat disarankan jika anda memilih brand franchise yang banyak dikenal masyarakat namun belum pernah ditemui di daerah anda. Pasti peluang mendapat pelanggan baru cukup besar, sehingga kesempatan anda mendapat profit sangat menjanjikan.

2.      Menyiapkan Modal Usaha Secukupnya

Setelah anda berhasil menggali informasi dari brand rekanan anda, kini anda perlu menyiapkan modal bisnis anda. biasanya bisnis franchise menawarkan beberapa pilihan paket usaha dengan biaya hemat, standard atau full. Jika anda memiliki modal minim, sebaiknya cukup memilih paket hemat. Jika bisnis anda sudah lancar, anda bisa menambah paket lagi.

3.      Memilih Lokasi yang Strategis

Tujuan utama membuka bisnis franchise kopi kekinian adalah menjual brand orang. Dalam hal ini penting bagi anda untuk menemukan lokasi usaha yang strategis. Misalnya di pinggir jalan, di dekat perkantoran, mall, kampus atau di daerah yang banyak dilalui orang. Anda bisa menyewa kios dan ubah desain interiornya sebaik mungkin, untuk menarik pelanggan.

4.      Lakukan Analisis Kelayakan Bisnis

Hampir semua rintisan bisnis harus ada proses menganalisis kelayakan bisnis. Dimana anda tak hanya melihat dari sisi peluang pasar saja, tetapi ada berbagai aspek yang perlu anda perhatikan. Contohnya aspek keuangan, aspek pemasaran, aspek teknis dan operasional hingga aspek manajemen dalam pengelolaan bisnis yang anda jalankan.

5.      Selalu Optimis dan Terus Berinovasi

Namanya membuka usaha pasti ada pasang surut. Anda harus terus optimis dalam menjalankan bisnis franchise anda. tak perlu terpaku pada konsep bisnis dari franchisor, kembangkan inovasi bisnis anda sesuai dengan ide. Kreatifitas juga dibutuhkan untuk mencari cara bagaimana bisnis kopi anda bisa dikenal banyak pelanggan.

6.      Kembangkan Pemasaran Bisnis Kopi Anda

Bisnis tak akan laku jika tak ada proses pemasaran. Ada banyak jenis pemasaran yang bisa anda coba mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Sebagai pemula, anda bisa coba yang sederhana. Misal mempromosikan kepada teman, kerabat, melalui media sosial, mendaftarkan ke aplikasi pesan antar bahkan jika anda mampu buatlah website marketing dari bisnis anda.

7.      Terapkan Hal-Hal yang Bisa Menarik Pelanggan

Hal yang menarik pasti akan memikat pelanggan untuk membeli produk anda. selain menyediakan menu kopi kekinian, anda juga harus kreatif dalam menawarkan dagangan anda. Misal anda membuat promo buy 2 get 1, potongan harga, sistem harga coret yang bisa anda pasang melalui papan menu ataupun banner.

Beberapa tips membuka bisnis franchise kopi kekinian diatas bisa anda pahami sebelum deal dengan franchisor pilihan anda. Berbisnis franchise kopi tak perlu muluk-muluk harus menyiapkan banyak budget. kini anda bisa memulainya sedikit demi sedikit. Jika bisnis anda sudah mendapatkan omset besar, anda bisa mulai mengembangkannya agar lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *